Pengaruh Pelatihan (Bimbingan Teknis Implementasi Program Peningkatan Mutu) terhadap Pengetahuan dan Ketepatan Pengisian Dokumen Mutu Keperawatan di RSIA Puri Bunda

Merry Nuthea

Abstract


Hospital’ s document is one of the most important elements during assessment of accreditation. The report of the quality of hospital care is one of the documents which assessed by the surveyor. In RSIA Puri Bunda, specifically the nurses have problem with inaccuracy of analyze the document which can lead to take a wrong decisionThe purpose of this study to identify the differences before and after the implementation of workshop and to know the relation between knowledge with the accuracy of analyzing and writing the quality report. According to the result, it showed that there is the difference before and after the implementation of the workshop with the probability < alpha = 0, 05. Meanwhile, even though the result was not significant which is 0,8%. the influence test showed that the knowledge has influence in the accuracy of analyzing and writing the quality report. The conclusion of this study is the workshop can increase the knowledge and accuracy of analyzing and writing the quality report.

Keywords


bimbingan teknis; pengetahuan; dokumen mutu

Full Text:

Untitled PDF

References


Amin R.Y.A., Sudiro S., dan Mawarni A. (2016). Analisis Upaya Implementasi Siklus PDCA Dalam Pengendalian Mutu Pelayanan Di Instalasi Laboratorium RSUD Sukamara Kalimantan Tengah. Tidak diterbitkan, Tesis. Universitas Diponegoro, Semarang.

Aprinto, B. (2013). Pedoman Lengkap Profesional SDM Indonesia. Jakarta: Penerbit PPM.

Azwar S. (1996). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Berthiana. (2013). Hubungan Motivasi Kerja Perawat Dengan Ketepatan Pengisian Dokumentasi Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Buntok 2012. Jurnal Manajemen Keperawatan, Vol. 1, pp.57-72.

Dessler, Gary. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Gomes, Faustino Cardoso. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia-Terjemahan. Yogjakarta: Andi Offset.

Hidayah N. (2014). Manajemen Model Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP) Tim Dalam Peningkatan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Vol. 7(2): pp.410-426.

Mangkuprawira, Syafry. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mangole J.E., Rompas S., dan Ismanto A.Y. (2015). Hubungan Perilaku Perawat Dengan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Cardiovaskular and Brain Center RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado. Jurnal Keperawatan, Vol. 3(2), pp.1-9.

Maryati, Warsi. (2014). Hubungan Antara Karakteristik Dokter dengan Kelengkapan Pengisian Lembar Ringkasan Keluar. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, Vol. 2(2), pp.26-35.

Morrison E.J. (1991). Training for Performance: Principles of Applied Human Learning. John Wiley & Sons Inc, USA.

Notoatmodjo S. (2003). Ilmu Kesehatan Masyarakat- Edisi 2. Rineka Cipta, Jakarta.

Nova R.F. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Tesis, Tidak diterbitkan, Fakultas Ekonom, Universitas Sebelas Maret, Solo.

Pribadi A. (2009). Analisis Pengaruh Faktor Pengetahuan, Motivasi, dan Persepsi Perawat tentang Supervisi Kepala Ruang Terhadap Pelaksanaan Dokumentasi Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Kelet Provinsi Jawa Tengah di Jepara. Tesis, Tidak diterbitkan, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Pusparini, Nada Soraya. (2014). Analisis Pengaruh Pelatihan Keperawatan Terhadap Kinerja Pegawai Bidang Keperawatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Rebo. Skripsi, Fakultas nekonomi dan Manajemen, IPB, Bogor.

Puspita, Ikha Deviyanti. (2012). Retensi Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Pasca Pelatihan Gizi Seimbang pada Siswa Kelas 5 dan 6 di Sekolah Dasar Terpilih Kota Depok. Tesis, Fak. Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Depok.

Rivai, Veithzal. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori Ke Praktek. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Setiawan F., Al Musadieq M., dan Mayowan Y. (2017). Pengaruh On The Job Training dan Off The Job Training terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. Suntory Garuda Beverage Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 51(1), pp.124-129.

Sutisna A. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Teknis Berkelanjutan dalam Meningkatkan Kompetensi Tutor Paket C. JIV-Jurnal Ilmiah Visi Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal, Vol. 10(2), pp 93-101.

Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). (2017). Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit, Edisi 1. KARS, Jakarta.

Widyarani L. (2017). Analisis Pengaruh Pelatihan Resusitasi Jantung Paru RJP Dewasa terhadap Retensi Pengetahuan dan Ketrampilan RJP pada Mahasiswa Keperawatan di Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Soedirman, Vol. 12(3), pp.143-149.

Wijono D. (1999). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Edisi 2. Airlangga University Press, Surabaya.

Winkel W. (1996). Psikologi Pengajaran. Grasindo, Jakarta.

Yulia S., Hamid A.Y.S., dan Mustikasari M. (2012). Peningkatan pemahaman perawat pelaksana dalam penerapan keselamatan pasien melalui pelatihan keselamatan pasien. Jurnal Keperawatan Indonesia, Vol. 15(3), pp.185-192.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.