Theory of Reasoned Action sebagai Prediktor Whistleblowing Intention Pengelola Keuangan di Institusi Pendidikan

I Wayan Yeremia Natawibawa, Gugus Irianto, Roekhudin Roekhudin

Abstract


Penelitian ini menganalisis persepsi pengelola keuangan dalam lembaga sekolah terhadap tindakan whistleblowing yang berlandaskan pada Theory of Reasoned Action (TRA). Populasi berjumlah 214 orang yang terdiri dari 24 orang kepala sekolah, 97 orang wakil kepala sekolah, 22 orang kepala tata usaha, 32 orang bendahara, dan 39 orang pegawai administrasi keuangan di SMA/SMK/MA Negeri se – Kota Malang. Penelitian ini menggunakan teknik sampling sensus. Pengumpulan data mengunakan kuesioner. Kuesioner yang kembali dan terisi dengan lengkap adalah sebanyak 192 buah. Teknik analisis regresi berganda digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap terhadap whistleblowing dan norma subyektif berpengaruh positif terhadap whistleblowing intention.

Keywords


Theory of Reasoned Action; perception; whistleblowing

Full Text:

PDF

References


Ajzen, Icek. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Process. 50, Pp 179 – 211.

Aliyah, Siti. (2015). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Pegawai dalam Melakukan Tindakan Whistle – Blowing. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis. Vol. 12 No. 2 Oktober 2015. Pp. 173 – 189.

Antara News. (2016). Lapor Kecurangan Sekolah ke Satgas Antimafia Pendidikan. https://www.antaranews.com. Selasa, 28 Juni 2016, 21:32 WIB. [Diakses 16 Januari 2018].

Bagustianto, Rizki dan Nurkholis. (2014). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk Melakukan Tindakan Whistle – Blowing (Studi pada PNS BPK RI). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. Vol. 3, No. 1 Semester Ganjil 2014/2015. Pp. 1 – 18.

Crook, David. (2000). How to Encourage Whistleblowing. Journal of Financial Regulation and Compliance. Volume 8, Number 4. Pp 326 – 332.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Handayani, Titik. (2009). Korupsi dan Pembangunan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia. Vol. IV, No. 2. Pp. 15 – 34.

Jogiyanto HM. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Andi, Yogyakarta.

Khairunnisa, Rifdah Yuri. (2017). Faktor – Faktor yang Berpengaruh terhadap Intensi Whistleblowing (Studi Kasus pada Satuan Pengawas Internal Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang), Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Koran Jakarta. (2018). Mencegah Korupsi di Sekolah. http://www.koran-jakarta.com. Kamis, 11 Januari 2018, 01:00 WIB. [Diakses 16 Januari 2018].

Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. (2013). Bahan Pembelajaran Diklat Calon Kepala Sekolah Pengelolaan Keuangan Sekolah/Madrasah. Karanganyar.

Mulyasa, E. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, dan Implementasi. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mustapha, Mazlina dan Siaw Ling Ling. (2012). Whistle Blowing: Perceptions of Future Accountants. 2012 International Conference on Economics, Business Innovation IPEDR. Vol 38 (2012).

News Okezone. (2017). Mantap! Pendidikan Anti-Korupsi Dimasukkan di Sekolah. https://news.okezone.com. Jumat, 4 Agustus 2017, 12:06 WIB. [Diakses 13 Maret 2018].

Parianti, Ni Putu Ika, I Wayan Suartana, dan I Dewa Nyoman Badera. (2016). Faktor – Faktor yang Memengaruhi Niat dan Perilaku Whistleblowing Mahasiswa Akuntansi. E – Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5.12 (2016). Pp. 4209 – 4236.

Park, H. dan J. Blenkinsopp. (2009). Whistleblowing as Planned Behavior – A Survey of South Korean Police Officers. Journal of Business Ethics, 85 (4), pp. 545 – 556.

Poespito, Alfian Setyo. (2017). Determinan Minat Pegawai dalam Melakukan Tindakan Whistleblowing, Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Ponnu, C.H., K. Naidu, dan W. Zamri. (2008). Determinants of Whistle Blowing. International Review of Business Research Papers, Vol. 4, No. 1, January 2008, Pp. 276 – 298.

Rustiarini, Ni Wayan dan Ni Made Sunarsih. (2017). Factors Influencing the Whistleblowing Behaviour: A Perspective from the Theory of Planned Behaviour. Asian Journal of Business and Accounting, 10(2). Pp. 187 – 214.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie. (2013). Research Methods for Business. John Wiley & Sons, Inc. USA.

Sharif, Zakiyah. (2015). Intention Towards Whistle – Blowing Among Internal Auditors in the U.K. Disertasi, Business School, Universitas Huddersfield.

Siallagan, Hamonangan, Abdul Rohman, Indira Januarti, Muhammad Din. (2017). The Effect of Professional Commitment, Attitude, Subjective Norm and Perceived Behavior Control on Whistle Blowing Intention. International Journal of Civil Engineering and Technology, Volume 8, Issue 8, August 2017, pp. 508 – 519.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung.

Suryono, Erwan dan Anis Chariri. (2016). Sikap, Norma Subjektif, dan Intensi Pegawai Negeri Sipil untuk Mengadukan Pelanggaran (Whistle-Blowing). Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, Volume 13 Nomor 1, Juni 2016. Pp. 102 – 116.

Transparency International. (2016). Corruption Perceptions Index 2016. www.transparency.org/cpi. Diakses Oktober 2017.

Waytz, Adam, James Dungan, dan Liane Young. (2013). The Whistleblower’s Dilemma and the Fairness Loyalty Tradeoff. Journal of Experimental Social Psychology. 49 (2013) pp 1027 – 1033.

Wei, Liang – Cheng, Carol Hsu, dan Kai Wang. (2016). Intentions of Employees to Whistleblow Information Security Policy Violations in the Organization. Asia Pacific Journal of Information Systems, Vol. 26 No. 1 [MARCH 2016], Pp. 163 – 188.

Winardi, Rijadh Djatu. (2013). The Influence of Individual and Situational Factors on Lower-Level Civil Servants’ Whistle-Blowing Intention in Indonesia. Journal of Indonesian Economy and Business. Volume 28, Number 3, 2013, pp 361 – 376.

Windarti. (2015). Pengaruh Karakteristik Pengelola Keuangan Sekolah dan Transparansi terhadap Efektivitas Pengelolaan Keuangan pada SMA dan SMK Negeri di Kota Madiun. ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, Vol. 4, No. 1, April 2015. Pp. 23 – 36.

Zakaria, Maheran, Siti Noor Azmawaty Abd Razak, dan Muhammad Saiful Anuar Yusoff. (2016). The Theory of Planned Behaviour as a Framework for Whistle – Blowing Intentions. Review of European Studies. Vol. 8, No. 3, 2016. Pp. 221 – 236.

Zakaria, Maheran. (2015). Antecedent Factors of Whistleblowing in Organizations. 7th International Conference on Financial Criminology 2015, 13 – 14 April 2015, Wadham College, Oxford, United Kingdom. Pp. 230 – 234.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.